Manajemen Event Organizer SPONSORSHIP

Manajemen Event Organizer SPONSORSHIP

A. Pengertian Sponsorship

Sponsorship adalah kata yang berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti pensponsoran. Kegiatan sponsorship merupakan salah satu bentuk investasi yang dikemas dengan sebuah acara dan bertujuan untuk meraih tujuan-tujuan perusahaan seperti meningkatkan brand awareness, brand image serta meningkatkan volume penjualan. Kegiatan ini akan berdampak positif untuk jangka panjang apabila para audience memang target market perusahaan yang tepat dan event berjalan dengan baik sehingga dapat menarik antusias para calon konsumen ataupun mereka yang sudah menjadi konsumen agar terciptanya loyalitas yang tinggi dari produk perusahaan. Sampai saat ini sponsorship merupakan komunikasi pemasaran yang berkembangan dengan pesat dan tetap memiliki tujuan akhir yang sama yaitu untuk kepentingan brand ( merek ). Dalam marketing, Sponsorship adalah suatu bentuk kegiatan yang berbasis kesepakatan dari pihak iklan dan juga pihak yang ingin memasang suatu iklan. Pada umumnya, kesepakatan ini berbentuk pembayaran sejumlah dana yang sudah disetujui oleh pihak iklan. Sebaliknya pihak pengiklanan harus bisa mempromosikan produknya sudah diberikan oleh pihak perusahaan kemasyarakat luas. Namun demikian, kegiatan Sponsorship ini lebih dari sekedar iklan. Dalam penerapannya, pihak perusahaan produsen akan melakukan kerja sama dengan pihak lain yang memiliki tugas dalam mengiklankan produknya kepada masyarakat, pihak tersebut akan menjmbatani proses promosi barang dengan adanya timbal balik yang saling menguntungkan.

B. Tipe-tipe Sponsorship

Sponsorship memiliki arti luas dan bisa berhubungan dengan berbagai konteks, seperti perdagangan dalam perusahaan hingga penyokong sebuah kegiatan atau acara. Kehadiran bentuk dukungan ini berfungsi untuk mendukung kesuksesan acara atau kegiatan tersebut2 Umumnya, Sponsorship dalam sebuah kegiatan lebih bertujuan menguatkan brand dan posisi di masyarakat. Bukan semata-mata untuk
langsung menghasilkan keuntungan. Beberapa tipe sponsorship di bawah ini untuk sejumlah kegiatan
atauacara. Berikut ini adalah jenis- jenis sponsor:
1. Sponsor Utama
Bentuk dukungan ini biasanya berada di bagian atas atau judul sebuah kegiatan. Dukungan utama memberikan mayoritas pendangan dalam penyelenggaraan acara. Karena itu, logo perusahaan yang menjadi pendukung utama berada di sebelah nama. Loho dan nama beberapa pihak pendukung utama tentu memunculkan kompetisi dan menempatkan mereka di posisi yang kuat sehingga lebih mudah untuk penonton lihat.
2. Sponsor Umum
Sebagai pihak pendukung umum, biasanya menyambung seidaknya 50 persen dari dana pendukung. Pendukung ini akan mendapatkan posisi promosi pemasaran yang bagus dalam sebuah acara.
3. Sponsor Resmi
Pendukung resmi biasanya menyumbang antara 20 – 25 persen masing-masing atas semua anggaran dana. Terkadang mereka mendapat label mitra dan memang terlibat dalam sector tersebutMisalnya, pada saat acara pameran otomotif, mereka yangakan menjadi mitra resmi adalah perusahaan kredit kendaraan.
4. Sponsor Teknis
Ini adalah pihak pendukung yang membayar sebagian atausepenuhnya untuk barang dan jasa dalam penyelenggaraan sebuahacara, seperti ongkos untuk transportasi, penginapan,
kebugaran, atau peralatan medis.
5. Sponsor Berpartisipasi
Pendukung jenis ini adalah mereka yang berkontribusi masingmasing hingga 10 persen dari semua uang dukungan.
6. Sponsor Informal
Organisasi ini menyediakan dukungan informasi dengan melakukan tindakan publikasi, liputan media, dan kegiatan pendukung lainnya.

C. Tujuan dan Manfaat Sposorship
1. Tujuan Sponsorship
Salah satu tujuan Sponsorship dalam pemasaran ialah mengurangi biaya iklan serta meningkatkan citra positif perusahaan dan merek dimasyarakat. Ketika menjadi sponsor acara atau kegiatan, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengiklankan merek, produk, atau jasanya di media massa. Karena promosi akan dilakukan oleh pihak terkait yang telah menjalin kesepakatan bersama dengan perusahaan. Tanpa perlu mengeluarkan biaya iklan, citra positif perusahaan dan merek akan meningkat dengan sendirinya. Karena masyarakat melihat bahwa perusahaan tersebut terlibat dalam kegiatan sosial atau kemasyarakatan. tujuan sponsorship ada tiga, yaitu:
a. Memberikan stimulus berupa publikasi nama perusahaan dan merek
produk luas mungkin lewat jalannya acara yang tidak mensponsori
perusahaan.
b. Mendukung strategi pemasaran.
c. Memperlihatkan niat baik organisasi atau perusahaan sebagai upaya
pelaksanaan tanggung jawab sosianya.

Posting Komentar

0 Komentar